Minggu, 18 Februari 2024

PETA ABU PANGKALAN SMA N 1 MRANGGEN

 PETA ABU PANGKALAN SMA N 1 MRANGGEN



 PTA (Penerimaan Tamu Ambalan) merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak serta untuk lebih mengenalkan kegiatan Pramuka di masing-masing sekolah menengah atas. Dalam hal ini PTA dilaksanakan untuk melantik calon ambalan yang ada di Pangkalan SMA N 1 Mranggen.
Pangkalan SMA N 1 Mranggen biasanya melaksanakan kegiatan PTA pada bulan Agustus, akan tetapi pada tahun 2024 kegiatan PTA Pangkalan SMA N 1 Mranggen dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 20 Desember 2024. Kemunduran pelaksanaan disebabkan oleh beberapa kendala diantaranya adanya renovasi total untuk beberapa gedung sekolah yang berlangsung selama 4 bulan, yang berdampak ditutupnya beberapa lokasi yang ada di sekolah. Dewan ambalan mengusung nama baru untuk kegiatan PTA tahun 2024, yaitu PETA ABU (Penerimaan Tamu Ambalan Baru) yang diketuai oleh Naysilla Kirania Diah Permata.

Kegiatan PTA bertujuan agar calon penegak dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Sultan Trenggono - Putri Campa Alam yang berpangkalan di SMA N 1 Mranggen. Serta untuk memperkenalkan pada peserta PTA tentang berbagai hal tentang Pramuka Penegak, termasuk tentang Dewan Satuan Pramuka. Si samping tujuan tersebut, PTA juga bertujuan memperkenalkan pendidikan pramuka sebagai pendidikan yang mempunyai kegiatan inovatif, kreatif, sehat dan menghibur. Tema kegiatan yang diangkat kali ini adalah “Bersama PETA ABU, Wujudkan Jiwa Pramuka Hebat Berpedoman Try Satya Dasa Dharma

Dalam kegiatan PETA ABU terdapat beberapa giat prestasi yaitu LCTP, LBB, ILM, dan lomba pranoto coro. Selain giat prestasi, di kegiatan ini juga terdapat giat wawasan seperti wawasan kebangsaan dengan menghadirkan narasumber dari POLRI, materi LBB yang diisi oleh tiim paskibra, materi P3K dengan narasumber PMR, serta Materi bantara laksana.
Hal yang paling ditunggu-tunggu dalam kegiatan kemah pramuka diantaranya adalah malam PETA ABU yang diisi dengan kegiatan upacara api unggun, acara puncak api unggun, konser Band SMANSAM yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua peserta. Kegiatan upacara api unggun berlangsung dengan hikmad dan disusul dengan bunyi petasan yang memecah keheningan dan disambut dengan meriah oleh semua peserta PETA ABU.

PETA ABU tahun ini diikuti oleh 353 Peserta kelas X, 74 anggota Dewan Ambalan dan Dewan Kehormatan, 2 Pembina, 4 Pelatih, dan mengundang Alumni 5 tahun terakhir. Karena kegiatan PETA ABU berlangsung selama 2 hari, pangkalan SMA N 1 Mranggen bekerja sama dengan Puskesmas  Mranggen untuk menangani kesehatan peserta didik. Karena kegiatan PETA ABU dilaksanakan di bulan Desember dengan kondisi alam yang kurang bersahabat dengan ditandai guyuran air hujan, membuat beberapa peserta didik mengalami gangguan kesehatan. Namun demikian antusias dari peserta didik sangat tinggi dan bersemangat.  

Di akhir randown kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ditutup dengan prosesi siraman untuk semua peserta PTA, Dewan Ambalan, dan Dewan Kehormatan. Puncak kebahagian peserta PTA semakin lengkap pada prosesi ini, karena selain sebagai penanda telah resminya dilantik menjadi ambalan Sultan Trenggono – Putri Campa Alam juga menambah rasa keakraban, pendewasaan, dan kekeluargaan setalah bersama – sama melaksanakan kegiatan selama dua hari di sekolah tanpa dampingan orang tua.



Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar