Kamis, 02 Februari 2023

PEMILIHAN DUTA LITERASI SMA NEGERI 1 MRANGGEN

 

PEMILIHAN DUTA LITERASI SMA NEGERI 1 MRANGGEN

Selasa, 17 Januari 2023, SMA Negeri 1 Mranggen (Smansam) menyelenggarakan kegiatan pemilihan duta literasi, yang menjadi salah satu program perpustakaan SMA Negeri 1 Mranggen. Duta literasi ini adalah siswa yang peduli terhadap kegiatan literasi di sekolah dan gemar membaca dan menulis. Siswa yang terpilih dalam seleksi Duta literasi akan menjadi ikon sekolah serta menjadi utusan SMA Negeri 1 Mranggen untuk menyukseskan semua program-program literasi di sekolah.

Tertuang dalam Permendikbud 23 tahun 2015 yaitu gerakan literasi sekolah melalui program membaca 15 menit. Kegiatan membaca 15 menit disesuaikan dengan kondisi sekolah. Bisa dilaksanakan di awal, tengah, atau akhir pembelajaran. Tujuan dari gerakan literasi sekolah ini agar peserta didik gemar membaca serta menjadi kebiasaan dan gaya hidup. Prinsip membaca 15 menit ini dengan pendekatan sambil bermain dan menyenangkan. Untuk mewujudkan sebuah kebiasaan menjadi tradisi apalagi menjadi sebuah budaya tidaklah gampang dan semudah membalikkan telapak tangan. Gerakan literasi sekolah ini memiliki hambatan yaitu rendahnya minat baca, tulis dan ketrampilan berbahasa siswa. Untuk itu SMA Negeri 1 Mranggen menyelenggarakan lomba duta literasi untuk meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah siswa gemar membaca.

 

Kegiatan pemilihan duta literasi tersebut, di awali dengan tahapan penjaringan melalui data siswa yang aktif meminjam buku ke perpustakaan. Tahapan selanjutnya tes tertulis yaitu dengan pembuatan resensi salah satu buku perpustakaan. Dan tahapan seleksi yang terakhir tes wawancara.

Dalam momen tersebut, Sinta Rasmita Aprilia, siswa kelas XI-2 didapuk sebagai Duta Literasi SMA Negeri 1 Mranggen. Untuk mendukung dan menjalankan program literasi di sekolah. Dengan program Duta Literasi ini diharapkan agar siswa dapat mengenal baik dunia literasi terutama menggiatkan siswa untuk kembali gemar membaca dan menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar