Kamis, 02 Februari 2023

Safety Riding Go To SMANSAM

Safety Riding Go To SMANSAM 
 
 

Masih banyak pengendara khususnya pelajar yang tidak peduli akan keselamatan berkendara. Kebanyakan kecelakaan dijalan disebabkan oleh pengendara yang masih dibawah umur karena minimnya pengetahuan tentang Safety Riding. Terutama siswa SMK/SMA yang umumnya sudah diperbolehkan mengendarai sepeda motor. Meskipun mereka belum cukup umur untuk mendapat izin mengendarai sepeda motor,mereka tetap nekat dengan alasan jarak rumah yang jauh dari sekolah.

Oleh karena itu, hari Rabu, 25 Januari 2023 SMA Negeri 1 Mranggen  telah mengadakan kegiatan penyuluhan untuk siswa yang membawa sepeda motor. Kegiatan ini diadakan oleh jajaran Polres Satlantas Demak yang sudah disetujui oleh pihak sekolah. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa di SMA Negeri 1 Mranggen beserta guru dan Karyawan. Acara pembukaan di laksanakan di Aula Sekolah yang diwakili oleh Pengurus Osis beserta Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Mranggen. Setelah itu Kegiatan di lanjutkan di halaman sekolah. Acara berlangsung selama 3 jam dan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari pemberian materi Safety Riding, game aman berkendara, pertanyaan tentang aman berkendara, dan kegiatan-kegiatan lain yang tentu nya menarik untuk diikuti.

Safety Riding adalah kegiatan aman dan nyaman saat berkendara untuk pengendara dan pengguna jalan lain. Jadi, seorang pengendara harus memperhatikan keamanan diri sendiri saat berkendara dan juga kenyamanan pengguna jalan lain. Meskipun masih dibawah umur, seorang pengendara harus tetap memperhatikan keamanan saat berkendara.


Seseorang sudah aman saat berkendara bisa dilihat dari kelengkapan atribut yang dipakai, kondisi fisik dan mental orang tersebut, dan juga kondisi kendaraannya. Kelengkapan atribut pengendara yaitu helm,sarung tangan,dan juga sepatu. kondisi fisik dan mental seseorang adalah kondisi sadar tidak terpengaruh obat obatan yang bisa menyebabkan kantuk saat berkendara. Selain itu, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraannya harus sesuai dengan standar yang ada misalnya kaca spion harus ada dua, rem sepeda harus berfungsi semuanya, dan juga kendaraan tidak di modifikasi yang menyebabkan beberapa onderdil tidak berfungsi lagi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pembekalan kepada siswa siswi cara berkendara yang aman, nyaman dan benar. Siswa terlihat antusias dengan kegiatan ini. Selain itu, ada hadiah khusus untuk siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dari tim Satlantas Polres Demak

 

Di akhir acara, tutor dari Satlantas Polres Demak memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan inti materi Safety Riding. Dan siswa yang mampu menyampaikan materi dengan baik dan benar akan diberikan hadiah dari Satlantas Polres Demak .Serta Berfoto bersama dengan beberapa perwakilan siwa kelas X, XI dan XII Selanjutnya, acara ditutup dengan doa yang di pimpin oleh pembawa acara.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar